Tips SEO On Page

Posted by at 6:29 PM
Tips SEO On Page - Merupakan Teknik dalam mengoptimalkan sebuah Website pada mesin pencari, begitu juga dengan SEO Off Page. Namun kali ini saya akan terlebih dahulu mengulas tentang Optimasi SEO yang dimulai dari Page (website itu sendiri) untuk mengoptimalkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan Search Engine Optimization. Dengan tujuan agar sebuah Website bisa mendapatkan posisi yang baik tepatnya berada dihalaman pertama SERP ( Search Engine Result Page ) pada Major Search Engine seperti Google, Yahoo, Bing dll.

SEO On Page adalah salah satu sisi dalam melakukan Optimasi Website / Blog
SEO On Page
Dalam melakukan sesuatu biasanya kita terlebih dahulu mempersiapkan segala sesuatunya, begitu juga dengan membangun Website. Apabila diibaratkan sebuah bangunan, maka kita terlebih dahulu akan membangun sebuah pondasi yang kuat atau baik agar kelak bangunan tersebut menjadi kokoh serta tidak mudah tergoyahkan.

Begitu juga dengan membangun sebuah Website, langkah awal yang harus menjadi pertimbangan adalah meneliti setiap bagian (internal) sebuah website dan berusaha untuk menjaga serta mengatur agar adanya keseimbangan sebelum melakukan Optimasi SEO Off Page.

Pada ulasan ini saya tidak membahas mengenai Teknik SEO On Page itu sendiri, namun coba untuk mengingatkan pada sobat Blogger jangan terburu-buru dalam melakukan optimasi keluar ( Off Page ) sebelum membangun website atau blog dari bagian atau sisi internal pada website itu sendiri, karena hal tersebut bisa menjadi kurang maksimal.

Adapun beberapa poin penting yang harus kita perhatikan adalah sebagai berikut:

Pemilihan Theme (template)

Pada bagian ini kita dituntut untuk mengenal lebih dalam karakter sebuah Theme. Jangan memilih sebuah template hanya berdasarkan tampilan (layout) yang menarik, namun tidak atau kurang bersahabat dengan mesin pencari alias tidak Responsive .

Pengaturan Tag H (heading)

Sebainya pada sebuah website baik itu di Home, Single Post & Page hanya ada satu Tag H1 ( Heading 1) selanjutnya baru pada sub title kita gunakan Tag H2 ( heading 2) dan begitu seterusnya hingga ke Tag H yang lebih kecil.

Konten atau Isi 

Istilah " Content Is King " tentunya bukan hal asing lagi bagi sobat blogger semua, hal ini selalu digadang-gadangkan oleh para pakar SEO di seluruh dunia. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah Konten seperti apa yang bisa dibilang telah masuk dalam kategori Berkualitas (Raja) ? . Konten Unik (original) bukan copy paste itulah yang sering kita dengar mengenai penilaian konten yang berkualitas, namun tentunya tidak cukup hanya sekedar unik (asli) masih ada beberapa faktor lagi yang akan membuta konten tersebut menjadi berkualitas (raja). Untuk masalah ini akan saya bahas lebih jauh dilain kesempatan.

Menu Utama atau Menu Navigasi

Pada menu ini biasanya kita akan mebuat beberap informasi utama seperti Halaman Kontak, Tentang dan satu lagi yang termasuk penting ( wajib ) Sitemap / Daftar Isi. Setelah itu baru ditambahkan dengan menu untuk Kategori dan lainnya. Dengan kelengkapan pada Menu tersebut maka akan sangat membantu pengunjung dalam menemukan informasi yang dicari. Dan satu lagi, dengan sistim navigasi yang baik akan membuka peluang sebuah website akan ditampilkan dengan Sitelink pada SERP khususnya Google.

Pemilihan Judul Artikel 

Pada hal ini saya rasa akan sangat luas dan cukup banyak perbedaan dalam melakukannya, jadi silahkan anda tentukan sendiri sesuai dengan kepentingan masing-masing. Namun tidak mengabaikan sisi SEO On Page agar tetap maksimal pada mesin pencari dan informasi yang anda buat bisa sampai kepada pengunjung.

Navigasi Link Pada Konten

Seperti yang kita ketahui, pada sebuah website, link (tautan) yang menghubungkan satu halaman pada web kehalaman lainnya yang masih dalam satu kategori berfungsi sebagai penunjuk (penuntun) bagi pengunjung sewaktu mencari kelanjutan informasi berikutnya degan cepat. Jadi atur dan susunlah dengan baik internal link yang ada pada konten agar diarahkan pada halaman lain yang masih berkaitan dengan artikel (halaman) pertama yang sedang mereka kunjungi.

Pemilihan Keywords - Kata Kunci

Dalam melakukan pemilihan kata kunci atau keywords tentunya akan kita sesuaikan dengan Topik serta Judul Artikel, karena secara umum kata kunci utama yang kita bidik akan selalu di jadikan judul artikel dengan sedikit penambahan kata untuk menambah peluang menangkap pengunjung yang menggunakan mesin pencari untuk menekukan sebuah Informasi. Sebaiknya hindari kata kunci tunggal, karena hampir pada semua keywords tunggal selalu akan besar (berat) persaingannya.

Pengaturan atau Peletakan Keywords pada Konten 

Pada sebuah artikel biasanya akan ada beberapa Paragraf, bagi dan atur keywords utama pada setiap paragraf dengan pas dan seimbang. Jangan menumpukkan kata kunci hanya pada beberapa paragraf saja, ratakan dan letakkan keywords secara bervariasi pada setiap paragaraf secukupnya, mesin pencari juga tidak menyukai sebuah artikel yang terlalu banyak menggunakan kata kunci untuk tujuan Optimasi SEO On Page pada konten.

Meta Tag Content dan Keywords

Memaksimalkan Meta Tag untuk Konten dan Keywords, namun hal ini cukup menjadi kontroversi dikalangan webmaster atau blogger diseluruh dunia. Secara langsung Google pernah menyatakan bahwa Meta Tag Keywords tidak lagi dijadikan acuan bagi Algoritma Google dengan alasan karena banyak terjadi penipuan oleh para Webmaster atau Blogger yang menggunakan Keywords yang tidak Relevan dengan isi atau konten. Namun hingga kini masih banyak yang tetap menggunakannya, jadi pada kasus ini silahkan anda tentukan sendiri mana yang menurut anda lebih baik.

Beberapa poin yang sebaiknya menjadi perhatian saat melakukan Optimasi SEO On Page yang telah saya urai diatas tentunya masih belum lengkap, namun menurut saya pribadi itu adalah poin yang harus terlebih dahulu kita lakukan. Untuk poin-poin selanjutnya yang masih ada bisa kita lakukan dalam mengoptimalkan sisi SEO khususnya di bagian On Page pada Website masih banyak dan bisa anda temukan pada artikel yang dibuat oleh para Pakar SEO yang jauh lebih berpengalaman dari saya..